Self Esteem Adalah Cara Meningkatkan Harga Diri Dengan Baik

Harga Diri atau Self Esteem adalah merupakan hal yang mendasar yang terdapat dalam diri manusia. Pengertian Self Esteem menurut Stuart dan Sundeen (1991) adalah penilaian Individu terhadap hasil yang dicapai dengan menganalisa seberapa jauh perilaku yang dilakukan untuk memenuhi keidealan dalam dirinya. dalam kata lain, Harga diri atau Self Esteem ini juga kemampuan manusia untuk menilai dirinya sebagai orang yang memiliki kemampuan, keberartian, berharga dan kompeten.

Seseorang selalu membicarakan soal harga dirinya sendiri. bahkan kita sering mendengar bahwa harga diri seseorang itu tidak bisa dibeli, dan sangat mahal harganya. Hal tersebut terjadi karena Self Esteem atau harga diri ini adalah memang bersifat Implisit dan tidak bisa diverbalisasikan. Harga diri tidak bisa digambarkan, yang pasti setiap orang memilikinya sebagai anugerah dari tuhan yang maha kuasa, terhadap penciptaanya sebagai manusia, mahluk yang istimewa.

Self Esteem Adalah
Self Esteem Adalah
Masalah yang sering terjadi secara umum pada Self Esteem adalah ada orang yang memiliki harga diri yang buruk dan ada juga orang yang memiliki harga diri yang sehat. Seseorang yang memiliki harga diri yang buruk biasanya sering mengandalkan terhadap apa yang mereka kerjakan. Mereka selalu menuntut untuk mendapat pujian dari orang sekitarnya, karena jika tidak mereka akan berfikir negative  bahwa mereka tidak dihargai dan pujian tersebut juga biasanya bersifat sementara.

Seseorang yang memiliki harga diri yang sehat malah selalu percaya pada kemampuan kita untuk menilai diri secara tepat dan menerima diri kita apa adanya. Kita cenderung menerima kekurangan dan kelebihan kita pada saat tertentu dan orang juga akan mengakui kita jika memang apa yang kita lakukan bermanfaat dan berguna.

Pada dasarnya, seluruh manusia memang sudah seharusnya memiliki harga diri dalam hidupnya. Ketika dia berhasil meraih prestasi yang sesuai harapanya, dia akan merasa bangga dan saat itulah harga diri kita muncul. Berbeda dengan mahluk hidup lain seperti hewan atau tumbuhan yang memang tidak memiliki harga diri. Seekor monyet tidak akan pernah merasa jengkel sekalipun dia diejek oleh monyet lainya. Begitu juga dengan tumbuhan seperti rumput, rumput tidak akan merasa harga dirinya dihina sekalipun diinjak-injak oleh manusia.
Baca Juga : Istilah Dan Pengertian MRI Adalah ?

Cara Meningkatkan Self Esteem Adalah :

Sebagai mahluk sosial, kita harus ingat bahwa kita tidak hidup sebagai manusia tunggal di muka bumi ini. ada manusia lainya yang berada disekitar kita, yang juga memiliki harga diri dalam dirinya, sama seperti kita. oleh sebab itu, sebagai sesame manusia kita harus saling menghormati dengan tidak saling mengejek apalagi merendahkan martabat orang lainya. Dengan harga diri, kita juga akan menjadi orang yang memiliki rasa percaya diri, tidak malu-malu , tidak menjadi penakut dan jauh lebih berani.

Penilaian tentang harga diri seseorang, apakah harga diri kita baik atau buruk memang tergantung penilaian dari orang lainya. Maka dari itu agar kita tidak dipandang jelek atau buruk dimata orang lain, kita harus menjaga kebaikan diri kita dan selalu berbuat baik dengan cara melakukan hal-hal kecil yang memiliki efek kebaikan seperti :
  1. Tidak lagi menyontek saat ada ujian
  2. Selalu menjaga kesopanan dengan berkata sopan dan santun
  3. Tidak mengejek atau mengolok-olok orang lainya
  4. Tidak mencuri sesuatu atau barang berharga milik teman kita
  5. Selalu belajar dengan giat
  6. Selalu menghargai orang dengan cara berbuat baik kepadanya
  7. Miliki Pedoman Hidup
Sangat penting untuk memiliki harga diri dalam hidup ini, sebab Self Esteem Adalah berarti anda telah bersyukur atas apa yang telah diberikan tuhan, dan anda juga menghargai diri anda sendiri atas prestasi dan keberhasilan yang telah didapat. Hindari rasa yang terlalu rendah diri yang disebabkan adanya prestasi yang buruk , depresi, hingga menyebabkan terjadinya kejahatan. Selalu berusaha untuk meningkatkan Self Esteem atau Harga diri agar kita menjadi manusia yang saling menghargai dan menghormati.