Bachelor Degree Adalah Gelar Pendidikan Yang Diinginkan Sebagian Besar Orang

Bachelor Degree adalah istilah di dunia pendidikan barat yang setara dengan gelar S1 di tanah air. bisa dibilang, jika anda telah berhasil lulus menjadi sarjana di salah satu bidang pendidikan di sebuah Universitas atau lembaga pendidikan tinggi lainya, maka anda mendapatkan gelar Bachelor Degree. Gelar akademis ini juga merupakan salah satu syarat untuk bisa melamar pekerjaan di beberapa perusahaan ternama di Indonesia.

Istilah Bachelor Degree adalah mungkin tidak terlalu dikenal di Indonesia. Kebanyakan Negara asing yang menggunakan istilah Bachelor Degree atau Fours Years College atau Baccalaureate degree ini. sistemnya memang sama dengan pola pendidikan tinggi jenjang S1 di Indonesia. Saat sudah menempuh akhir study, orang yang berhasil menyelesaikanya juga akan mendapat Izasah bertuliskan Bachelor Degree diikuti dengan bidang pendidikan yang telah diselesaikan.

Bachelor Degree Adalah
Bachelor Degree
Agar lebih Jelasnya lagi, berikut gambaran mengenai Strata 1 dan juga Bachelor Degree

Misalnya Tuan Faisya Abdurachman telah lulus Fakultas Teknik Sipil, akan memiliki gelar dan diberikan Izasah dengan nama Faisyal Abdurachman, S.T bukan Ir. Faisyal Abdurachman. Mengapa terjadi demikian, karena gelar Ir (engginer) ini sudah tidak terpakai lagi dan berganti menjadi S.T sarjana teknik. Oleh sebab itu, gelar yang setara Bachelor Degree saat ini yang digunakan adalah Sarjana, diikuti gelar akademik yang telah diselesaikanya.

Berikut ini beberapa nama gelar Bachelor Degree yang sering digunakan di dunia akademis :

1.    BBA ( Bachelor Of Bussiness Administration)
2.    BFA ( Bachelor Of Fine Arts)
3.    BA (Bachelor Of Art) Versi America
4.    BDes (Bachelor Degree Design)
5.    BS (Bachelor Degree Of Science)
6.    BSc (Bachelor Degree Of Science) Versi British

Jadi kesimpulan yang bisa diambil dari contoh di atas tentang Bachelor Degree Adalah, Seseorang yang telah mendapatkan gelar Bachelor Degree atau Sarjana seperti telah dibahas di atas, memiliki kesempatan untuk melanjutkan study ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi, yaitu S2 dan S3. Sedangkan gelar tingkat tinggi di luar negeri adalah gelar Master dan PhD. Sarjana yang telah lulus di Universitas di Negara Indonesia, bisa melanjutkan gelar Master dan PhD nya di luar negeri, tentunya dengan memenuhi persyaratan tertentu.
Baca Juga : Istilah Pengertian Tax Amnesty Adalah ?
Dalam menuliskan gelar antara Bachelor Degree dan juga Sarjana, mungkin ada sedikit perbedaan. Untuk gelar lulusan luar negeri Bachelor Degree, biasanya mereka menulis Gelar terlebih dulu dalam resumenya, seperti Berikut ini :

B.A., Political Science, University Of Wisconsin, Madison, 1992

Untuk menjadi sarjana, sepertinya menjadi harapan untuk sebagian besar orang. Dengan menjadi sarjana, orang biasanya lebih mudah mendapatkan pekerjaan di perusahaan besar dan Bonafit. Begitu juga dengan gelar Bachelor Degree, anda yang memiliki izasah tersebut juga berkesempatan untuk bekerja di perusahaan besar, baik di tanah air maupun di luar negeri.