Pengertian Hubungan Sosial dan Faktornya

Manusia merupakan makhluk sosial dan sebagai makhuk sosial manusia tentunya tidak akan lepas dari yang namanya hubungan sosial. Lalu tahukan kamu apa yang dimaksud dengan hubungan sosial itu? Hubungan sosial adalah hubungan timbal balik yang terjadi antara individu yang satu dengan lainnya. Hubungan ini dapat mempengaruhi satu sama lain serta didasari oleh kesadaran untuk saling tolong menolong.

Selain hubungan sosial, ada pula yang disebut dengan interaksi sosial. Interaksi sosial sendiri diartikan sebagai proses yang terjadi dan saling mempengaruhi.

Pengertian Hubungan Sosial dan Faktornya

Baca Juga :

Dalam melakuan hubungan sosial biasanya individu akan dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu, faktor yang berasal dari dalam dirinya dan faktor yang berasal dari luar dirinya. Faktor ini ini yaitu faktor internal dan eksternal.


Faktor Internal

Faktor Internal merupakan faktor yang berasal dari dalam diri yang mempengaruhi terjadinya hubungan sosial. Beriku beberapa hal yang termasuk kedalam faktor internal.

  1. Adanya keinginan seseorang untuk melakukan komunikasi antar sesama.
  2. Adanya keinginan seseorang untuk mengembangkan dan meneruskan garis keturunan dengan cara perkawinan dengan lawan jenis yang melakukan interaksi dan mempunyai ketertarikan antara satu dan lainnya.
  3. Fakta bahwa manusia tidak dapat hidup sendiri dan membutuhkan orang lain karena itulah manusia harus melakukan hubungan sosil demi memenuhi kebutuhan tersebut dan memerlukan bantuan orang lain.
  4. Adanya keinginan untuk bertahan hidup meskipun sedang dalam masalah dan tentunya untuk mengatasi ini manusia membutuhkan pertolongan dari manusia lain.


Faktor Eksternal

Faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar. Berikut beberapa hal yang menjadi bagian dari faktor eksternal dan penjelasanya.

a. Simpati
Simpati merupakan suatu sikap yang menunjukan sebuah ketertarikan kepada orang lain karena dipengaruhi oleh hal tertentu sehingga terciptalah rasa simpati. Contohnya : ada dari teman anda yang mengalami musibah maka anda akan turut bersedih dan membantu, hal inilah yang disebut dengan simpati.

b. Motivasi
Motivasi merupakan suatu dorongan yang berasal dari dalam diri seseorang yang mempengaruhi orang tersebut dalam melakukan sebuah tindakan. Contohnya ketika melihat orang lain meraih kesuksesan, maka orang yang lainnya termotivasi untuk berusaha demi meraih kesuksesan yang sama.

c. Empati
Empati merupakan perasaan iba atau terharu karena perasaan yang tersentuh terhadap objek yang dilihat, empati ini termasuk dalam proses psikis. Misalnya ketika kita melihat bencana alam yang terjadi didaerah lain, kita merasakan perasaan sedih dan membuat kita berkeinginan memberikan bantuan kepada korban bencana tersebut.

d. Sugesti
Kata sugesti sering kita dengan dalam proses hipnotis. Lalu sebenarnya apa yang dimaksud dengan sugesti ini. Sugesti merupakan suatu kepercayaan yang mendalami seseorang kepada orang yang lain ataupun suatu hal yang pengaruhnya dapat muncul secara tak terduga.

e. Imitasi
Pastinya kalian sering mendengar kata imitasi, imitasi sendiri terkadang dikaitan dengan barang seperti barang imitasi dan lainnya. Sesuai dengan artinya imitasi yang berarti meniru. Jadi dalam hubungan sosial, imitasi ini merupakan sebuah dorongan untuk meniru sesuatu yang terdapat dalam diri orang lain yang biasanya dipengaruhi oleh sikap kagum terhadap orang tersebut.

Sekian dulu penjelasan Ilmu Pedial mengenai Pengertian Hubungan Sosial dan Faktornya kali ini. Semoga artikel yang kami bahas ini dapat membantu dan menambah wawasan kalian yang membacanya.
Tags: , ,