Pengertian Paragraf Narasi dan Contohnya

Pengertian Narasi adalah karangan yang berupa rangkaian peristiwa yang terjadi dalam satu kesatuan waktu. Cerpen, novel, roman dan semua prosa imajinatif adalah contoh karangan narasi. Cerpen, novel, roman dan semua prosa imajinatif menyajikan jalinan cerita berdasarkan urutan waktu dengan alur tertentu, bisa alur maju, mundur atau flash back.

Baca Juga :
Pengertian dan Contoh Paragraf Deduktif
Pengertian Paragraf dan Jenis Paragraf

Karangan narasi menyajikan peristiwa atau mengisahkan apa yang telah terjadi dan bagaimana suatu peristiwa bisa terjadi. Kejadiannya boleh sesuatu yang dikhayalkan oleh penulis dan dihidupkan dalam alam fantasi yang sama sekali jauh dari realita kehidupan, karena dalam narasi yang terpenting adalah disusun dalam satu kesatuan waktu, tidak masalah apakah isi karangan tersebut fiktif atau nyata.
Pengertian Paragraf Narasi dan Contohnya

Ciri-Ciri Narasi

  • Bersumber dari fakta atau sekedar fiksi
  • Berupa rangkaian peristiwa
  • Bersifat menceritakan

Contoh Paragraf Narasi

       Hari minggu 1 April 2012 adalah awal musim kemarau yang indah, pada hari itu jam 08.00 saya dan teman-teman sekantor berangkat menuju Tawang Mangu, suatu kawasan wisata pegunungan yang elok, asri dan alami, ketika kami sudah memasuki kawasan pegunungan dengan jalan yang berkelok-kelok naik benar-benar membuat perasaan menjadis senang, apalagi ketika melihat kebelakang dimana jalan yang sudah dilewati terlihat, berkelok-kelok seperti ular naga yang menakjubkan.
        Kurang dari dua jam kemudian kami sudah sampai di Grojogan Sewu, tempat yang indah dengan alam yang asli, dengan banyak monyet yang dibiarkan bebas menambah eksotik suasana, disana banyak pengunjung baik domestik maupun manca negara . Kami mengelilingi seluruh kawasan  Grojogan sewu sampai hampir tengah hari, setelah puas lalu kami sembahnyang kemudian makan siang untuk selanjutnya meneruskan perjalanan ke Taman Balai Kembang.
        Kami sampai ditaman balai kembang yang tidak jauh dari Grojogan Sewu sekitar jam 13.30, disana kami cuma jalan-jalan sebentar, dan ada beberapa teman yang menyempatkan diri untuk berbelanja, naik kuda sewaan, berfoto ria, atau sekedar duduk-duduk saja. Setelah puas berkeliling menikmati indahnya alam Tawang Mangu, kami bersiap-siap pulang setelah sembahyang ashar.

Contoh paragraf narasi diatas dikembangankan dari topik yang menjadi pedoman dalam pembuatan kerangka karangan . Topik adalah pokok pembicaraan dalam karangan. Sebuah topik dapat dikembangkan menjadi kerangka karangan.

Nah, demikian penjelasan mengenai Pengertian Paragraf Narasi dan Contohnya, semoga saja pembahasan Ilmu Pedial kali ini bisa membantu kamu dalam memahami mengenai paragraf narasi.