Pengertian Materi, Sifat dan Jenis Materi

Pengertian Materi, Sifat dan Jenis Materi - Segala sesuatu yang ada disekitar kita merupakan materi. Alam semesta ini terdiri atas dunia materi dan dunia energi. Materi adalah penyusun segala sesuatu benda, sedangkan energi merupakan penyebab perubahan materi. Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menemukan bermacam-macam jenis materi. Setiap materi bisa mengalami perubahan dengan kondisi tertentu. Misalnya logam akan meleleh jika mengalami pemanasan suhu tinggi seperti yang kamu lihat pada gambar dibawah, demikian pula dengan es akan mencair jika mengalami pemanasan.

Pengertian Materi, Sifat dan Jenis Materi

Pembahasan ringkas tentang materi, sifat, wujud dan perubahan dari materi serta energi merupakan bagian dari ruang lingkup pembelajaran ilmu kimia. Saat ini perkembangan ilmu kimia sangat pesat dan telah memberikan andil yang sangat besar dalam kehidupan manusia. Kimia merupakan bagian dari ilmu pengetahuan alam yang mempelajari materi dan perubahannya. Tujuan ilmu kimia yaitu menyelidiki seperti apa dan bagaimana materi itu terbentuk, dari bahan dasar apa saja dan bagaimana mekanisme pembentukannya, bagaimana strutur dan susunanya, serta energi apa saja yang terlibat dalam perubahan itu.

Pengertian Materi

Istilah materi dapat kita rujukan dengan alam sekitar kita seperti manusia, tumbuhan, hewan, bebatuan dan lainnya. Alam sekitar kita merupakan ruang dan segala yang terlihat adalah sesuatu yang memiliki berat atau massa dan juga volume, sehingga materi didefinisikan sebagai segala sesuatu yang dapat menempati ruang memiliki volume, massa dan memiliki sifat-sifat tertentu.

Materi memiliki massa, sifat dan volume, sehingga pada setiap materi akan memiliki wujud tertentu. Berdasarkan wujudnya maka materi dapat dikelompokan menjadi tiga yaitu: padat, cair dan gas. Kita dengan mudah menemui materi yang berwujud gas, seperti: gas bumi, gas elpiji, udara, uap air dan lainnya.

Untuk yang berwujud cair, mudah kita temui dalam kehidupan sehari-hari seperti: air, bensi, minyak goreng, solar, alkohol, air laut, larutan gula dan lainnya. Demikian pula materi dalam wujud padat, dapat kita temukan dalam lingkungan sekitar kita dan yang paling sering kita jumpai seperti: kaca, baja, batu, gelas, kayu, kapur dan lainnya. Perbedaan ketiga macam wujud materi tersebut adalah kemungkinan dimampatkan, sifat fluida, bentuk dan volumenya.

Sifat Materi

Tiap zat (misalnya air, gula, garam, perak atau tembaga) memiliki seperangkat sifar atau ciri (karakteristik) yang membedakannya dari semua zat lain dan memberinya identitas yang unik. Materi berdasarkan ukuran dan jumlahnya memiliki sifat tersendiri yang dapat membedakan antara materi satu dan materi yang lainnya. Materi memiliki sifat intrinsik dan ekstrinsik.

a. Sifat intrinsik
Sifat intrinsik adalah sifat yang tidak bergantung pada jumlah dan ukuran zat atau kualitas yang bersifat khas dari tiap contoh zat, tidak peduli ukuran dan bentuk contoh tersebut. Sifat kimia semuanya tergolong dalam sifat intrinsik. Contohnya adalah bungan merah, air manis dan sayur asin.

b. Sifat ekstrinsik
Sifat ekstrinsik  adalah sifat yang bergantung pada jumlah dan ukuran zat atau sifat yang tidak khas dari zat itu sendiri. Panjang, bentuk, ukuran, bobot dan temperatur adalah sifat ekstrinsik. Contohnya ada kain 4 meter, gula 3 kg, sapi 2 ekor dan telur 6 butir. Sifat fisis dapat berupa sifat ekstrinsik dan sifat intrinsik.

Selain kelompok sifat diatas, juga ada sifat materi berdasarkan sifat fisika (sifat fisis) dan sifat kimia sebagai berikut

a. Sifat fisika 
Sifat materi yang berhubungan dengan perubahan materi secara fisik disebut sifat fisika atau sifat fisis, yaitu karakteristik suatu zat yang membedakannya dari zat-zat lain dan tidak melibatkan perubahan apapun ke zat lain. Misalnya warna, rasa, bau wujud, titik didih, bentuk kristal, listrik, massa jenis, kilap logam, daya hantar panas dan kelentingan.

b. Sifat kimia
Sifat materi yang berhubungan dengan kemampuan materi untuk bereaksi kimia disebut sifat kimia, yaitu kualitas khas dari suatu zat sehingga menyebabkan zat tersebut berubah, baik sendiri maupun berinteraksi dengan zat lain, perubahannya akan membentuk bahan maupun zat yang lain. Misalnya kereaktifan, mudah tidaknya suatu materi terbakar dan mudah tidaknya suatu logam berkarat. Sifat kimia adalah sifat intrinsik, misalnya kayu melapuk, besi berkarat dan etil alkohol mudah terbakar.


Jenis Materi

Materi adalah bahan penyusun benda dan setiap benda terdiri atas materi. Mobil adalah jenis benda, sedangkan besi merupakan jenis materi yang merupakan salah satu dari bahan untuk membuat mobil. Jenis materi yang lain meliputi: batu, tanah, air, pasir, kayu, plastik, emas, oksigen dan yang lainnya.

Nah, saya rasa cukup sampai disini saja pembahasan mengenai Pengertian Materi, Sifat dan Jenis Materi kali ini, semoga saja artikel ini bisa anda pahami dengan mudah sehingga dengan begitu tentunya akan menambah ilmu pengetahuan kalian dalam bidang kimia.
Tags: ,