Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli - Secara etimologis istilah demokrasi berasal dari bahasa Yunani "demokratia" yang terdiri dari duak kata. yaitu "demos" yang berarti kata dan  kratos/kratein yang berarti kekuatan/pemerintahan. Sedangkan secara harfiah, demokrasi berarti kekuatan rakyat atau suatu bentuk pemerintahan negara yang pemegang kedaulatannya adalah rakyat.

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Melalui konteks budaya demokrasi, nilai-nila dan norma-norma yang telah menjadi panutan dapat diterapkan dalam praktik kehidupan demokratis yang tidak hanya dalam pengertian politik saja, tetapi juga dalam berbagai aspek kehidupan. Mohammad Hatta sebagai wakil presiden Negara Republik Indonesia menyebutkan bahwa demokrasi sebagai suatu pergerseran dan penggantian kedaulatan raja menjadi kedaulatan.

Istilah demokrasi sendiri telah banyak dikaji oleh para ahli. Meskipun terdapat banyak perbedaan antara para ahli, namun pada dasarnya semua pandangan para ahli tersebut memiliki satu prinsip. Berikut beberapa pandangan demokrasi menurut para ahli.

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

1. Abraham Lincoln (Presiden Amerika ke-16). Demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.
2. Giovani Sartori. Demokrasi dipandang sebagai suatu sistem diamna tidak seorang pun yang dapat memilih dirinya sendiri, tidak seorang pun dapat mengindentifikasikan dia dengan kekuasaanya, kemudian tidak dapat juga untuk merebut dari kekuasaan lain dengan cara-cara tak terbatas dan tanpa syarat.
3. Sidney Hook. Demokrasi adalah bentuk pemerintahan dimana keputusan-keputusan pemerintah yang pentig secara langsung atau tidak langsung yang didasarkan pada kesempatan mayoritas yang diberikan secara bebas dari rakyat dewasa.
4. Carol C. Gould. Demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan yang didalamnya rakyat memerintah sendiri, baik secara partisipasi langsung dalam merumuskan keputusan-keputusan yang memengaruhi mereka maupun dengan cara memilih wakil-wakil mereka.

Selain pengertian demokrasi menurut para ahli diatas ada pula pengertian demokrasi menurut kamus besar bahasa Indonesia dan Ensiklopedi Populer Politik Pembangunan Pancasila.
1. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. Demokrasi berarti bentuk pemerintahan dimana segenap rakyat turut serta memerintah dengan peraturan wakilnya. Adapun arti lainnya, yaitu demokrasi merupakan suatu gagasan atau pandangan hidup yang mengutamakan persamaan-persamaan dan kewajiban, kebebasan serta perlakuan yang sama bagi setiap warga negara.
2. Ensiklopedi Populer Politik Pembangunan Pancasila. Demokrasi adalah suatu pola pemerintahan, yang pelaksanaan pemerintahannya bersumber pada mereka yang diperintah. Atau demokrasi adalah pola pemerintahan yang mengikutsertakan secara aktif semua anggota masyarakat dalam keputusan yang diambil oleh mereka yang berwenang.
Berdasarkan beberapa pengertian demokrasi diatas, dapat kita tarik kesimpulan bahwa demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan dimana kekuasaan/kedaulatan ada ditangan rakyat. Dengan kata lain rakyat dapat dilibatkan dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.