Pengertian Budaya Politik Menurut Para Ahli

Budaya berasal dari kata "buddhaya" yang berarti akal atau dapat juga didefinisikan secara terpisah, yaitu dengan dua kata "budi" dan "daya" yang jika digabungkan membentuk sintesa arti membudayakan budi atau menggunakan akal budi tadi.

Pengertian budaya politik adalah landasan sistem politik, yang memberi jiwa atau warna disistem politik atau yang memberi arah dalam peran-peran politik yang dilakukan oleh struktur politik. Atau secara sederhana, budaya politik merupakan seperangkat nilai-nila yang menjadi dasar pada aktor dalam menjalankan tindakan-tindakan pada ranah politik.

Pengertian Budaya Politik Menurut Para Ahli

Terdapat banyak sarjana ilmu politik yang sudah mengkaji tema tentang budaya politik, sehingga terdapat banyak variasi konsep tentang budaya politik yang kita ketahui. Tetapi jika diamati dan dikaji lebih jauh, tentang derajat perbedaan konsep tersebut tidaklah begitu besar, sehingga masih dalam satu pemahaman  dan rambu-rambu yang sama. Berikut ini merupakan pengertian dari beberapa pakar ilmu politik mengenai budaya politik.

Pengertian Budaya Politik Menurut Para Ahli

1. Rusadi Sumintapura, Budaya politik tidak lain adalah pola tingkah laku individu dan orientasinya terhadap kehidupan politik yang dihadapi oleh para anggota suatu sistem politik.
2. Sidney Verba, Budaya politik adalah suatu sistem kepercayaan empirik, simbol-simbol ekspresif dan nilai-nilai yang menegaskan suatu situasi dimana tindakan politik dilakukan.
3. Alan R. Ball, Budaya politik adalah suatu susunan yang terdiri dari sikap, kepercayaan, emosi dan nilai-nilai masyarakat yang berhubungan dengan sistem politik dan isu-isu politik.
4. Austin Ranney, Budaya politik adalah seperangkat pandangan-pandangan tentang politik dan pemerintahan yang dipegang secara bersama-sama, sebuah pola orientasi-orientasi terhadap objek-objek politik.
5. Gabriel A. Almond dan G. Bingham Powell, Jr. Budaya politik berisikan sikap, keyakinan, nilai dan keterampilan yang berlaku bagi seluruh populasi, juga kecendrungan dan pola-pola khusunya yang terdapat pada bagian-bagian tertentu dari populasi. Budaya politik adalah suatu sikap orientasi yang khas warga negara terhadap sistem dan aneka ragam bagiannya, dan sikap terhadap peran warga negara yang ada didalam sistem itu.
6. Samuel Beer, Budaya politik adalah nilai-nilai keyakinan dan sikap-sikap emosi tentang bagaimana pemerintahan seharusnya dilaksanakan dan tentang apa yang harus dilaksanakan oleh pemerintah.

Itulah beberapa pendapat mengenai Pengertian Budaya Politik Menurut Para Ahli. Budaya politik juga diartikan sebagai suatu sistem nilai bersama dalam masyarakat yang memiliki kesadaran untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan yang kolektif dan penentuan dalam kebijakan publik untuk seluruh masyarakat.