Pengertian Analisis SWOT Dan Manfaatnya

Analisis SWOT merupakan bentuk analisis yang digunakan dalam manejemen perusahaan ataupun organisasi yang secara sistematis akan membantu dalam usaha untuk menyusun usaha yang matang demi tercapainya tujuan baik dalam jangka waktu yang pendek maupun panjang.

Selain itu, analisis Swot juga dapat diartikan sebagai bentuk analisis kondisi dan situasi dengan sifat deskriptif (memberikan gambaran) tentang sebuah perusahaan atau organisasi. Analisis ini menjadikan kondisi dan situasi sebagai faktor masukan yang kemudian masukan-masukan tadi akan dikelompokan ke konstribusinya masing-masing.

Satu hal yang perlu diingat oleh para pengguna analisis ini, bahwa analisis SWOT hanya digunakan sebagai analisis semata yang digunakan untuk menujukan suatu gambaran situasi yang sedang dihadapi oleh perusahaan atau organisasi dan analisis ini bukan menjadi alat pembantu yang mampu memberikan jalan keluar dari setiap permasalahan yang dialami.

Pengertian Analisis SWOT Dan Manfaatnya

SWOT sendiri merupakan singkatan dari kata Strength Weaknesses Opportunities Threats. Yang artinya Strength (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (Peluang), Threats (hambatan). Maka dari itu dalam artikel ini Ilmu Pedial akan membahas dan menganalisis satu persatu gabungan kata SWOT tersebut. Berikut penjelasannya

1. Strenght (S)
Merupakan analisis kekuatan dimana analisis mengenai kondisi maupun situasi mengenai keadaan kekuataan perusahaan saat ini. Dalam analisis ini setiap perusahaan atau organisasi harus mengetahui dan menilai kekuatan dan kelemahan dari semua perusahaan yang ada kemudian membandingkan dengan perusahaan miliknya. Misalnya jika perusahaan tersebut unggul dalam bidang teknologi maka keunggulan tersebut dapat dimanfaat dalam mengisi segmen pasar yang membutuhkan tingkat teknologi dan tingkat kualitas yang lebih baik.

2. Weaknesses (W)
Merupakan analisis kelemahan, analisis ini hampir sama dengan Strenght (S). Jika Strenght (S) menganalisis kekuatan dari suatu perusahaan maka pada Weaknesses (W) yang dianalisis adalah gambaran situasi mengenai kelemahan suatu perusahaan saat ini dimana kelemahan tersebut dapat menjadi kendala bagi kemajuan suatu perusahaan atau organisasi.

Misalnya jika dalam bidang pemasaran perusahaan dirasa kurang baik, maka perusahaan tersebut harus meneliti kekurangannya dalam sektor pemasarang dan memperbaiki segala kekuarangan yang ada, hal ini dilakukan agar nantinya perusahaan tidak kalah saing dengan perusaahn lainnya.

3. Opportunity (O)
Merupakan analisis peluang, dimana kondisi maupun situasi yang merupakan peluang yang terdapat diluar organisasi atau perusahaan yang mana peluang tersebut dapat memberikan perrkembangan bagi suatu perusahaan atau organisasi dimasa depan.

Opportunity merupakan suatu ananlisis yang digunakan dalam mencari peluang maupun terobosan sehingga memungkinkan suatu perusahaan atau organisasi dapat berkembang baik pada saat sekarang maupun yang akan datang. Misalnya ada sebuah daerah yang panas dan berpenghuni banyak, anda bisa mengambil peluang dengan membuat perusahaan air segar sehingga akan dijamin usahan anda akan berkembang pesat.

4. Threats (T)
Merupakan analisis ancaman, dimana menganalisis situasi atau kondisi yang merupakan bagian ancaman terhadap suatu perusahaan atau oraganisasi dalam menjalankan usahanya. Theart merupakan suatu cara yang digunakan untuk menganalisis tantangan atau ancaman yang akan dihadapi oleh sebuah perusahaan atau organisasi dalam menghadapi berbagai macam faktor lingkungan yang tidak menguntungkan yang dapat menyebabkan kemuduran bagi suatu perusahaan dan jika tidak diatasi maka akan menjadi penghalang baik pada saat sekarang maupun dimasa yang akan datang.

Manfaat Analsis SWOT

Analisis SWOT merupakan metode analisis yang paling mendasar dalam menentukan stategi, yang bisa digunakan untuk mengetahui permasalahan dari empat topik yang berbeda. Hasil dari analisis SWOT biasanya berupa suatu arahan maupun rekomendasi demi mempertahankan kekuatan dan juga berguna untuk menambah keuntungan bagi sebuah perusahaan atau organisasi  baik dari segi peluang yang ada dan sekaligus mengurangi kekurangan yang dimiliki dan juga menghindari berbagai ancaman yang akan terjadi. Jika digunakan dan diterapkan secara benar, maka analisis ini akan sangat membantu dalam melihat sisi yang tebaik atau tidak terlihat dari sebuah perusahaan atau organisasi.

Dari pemaparan diatas dapat kita tarik kesimpulan bahwa analisis SWOT merupakan sebuah analisis dasar yang bisa kita gunakan untuk menentukan rencana perusahaan kedepan dan sekaligus dapat membantu dalam menghindari dan menyelsaikan masalah yang ada baik sekarang ataupun dimasa akan datang.

Nah, saya rasa sekian dulu pembahasan mengenai Pengertian Analisis SWOT Dan Manfaatnya, semoga saja artikel kali ini bisa membantu kamu dalam memahami mengenai analisis SWOT.