Perbedaan Proses Pencernaan Mekanik dan Kimiawi Pada Manusia

Proses pemecahan makanan pada jalur dasar guna mendapatkan nutrisi dari makanan tersebut disebut sebagai pencernaan. Nutrisi yang telah didapatkan kemudian akan disebarkan keseluruh tubuh melalui darah.

Pencernaan pada manusia pada dasarnya melibatkan dua proses yaitu secara mekanik dan kimiawi. Kedua proses tesebut sama-sama bertujuan untuk mempercepat pengambilan nutisi yang ada. Pada mulanya makanan yang kita konsumsi berukuran besar dan akan diproses menggunakan pencernaan mekanik (fisik) kemudian selanjutnya akan di bantu oleh pencernaan kimiawi.
Perbedaan Proses Pencernaan Mekanik dan Kimiawi Pada Manusia

Lalu apa yang membedakan pencernaan mekanik dan Kimiawi? berikut penjelasan lebih lanjut mengenai perbedaan dari keduannya.


Perbedaan Proses Pencernaan Mekanik dan Kimiawi

Pencernaan mekanik adalah pencernaan yang bertugas memperkecil makanan yang masuk kedalam tubuh dengan menggunakan alat pencernaan misalnya kegiatan mengunyah yang dilakukan oleh gigi. Sedangkan pencernaan kimiawi adalah proses transfortasi makanan menjadi bentuk yang lebih kecil dan halus dengan bantuan enzim. Enzim pencernaan tersebut yaitu karbohidrat, lipase, dan protease.


Proses Pencernaan Makanan Pada Manusia

Mulut
Pada saat makanan masuk kemulut, maka proses pencernaan sudah dimulai, gigi dan ludah akan melakukan peran sebagai proses pencernaan mekanin sedangkan enzim ptialin yang terdapat di mulut memiliki peran sebagai proses pencernaan kimiawi.

Kerongkongan
Setelah selesai dimulut, maka makanan akan menuju kerongkongan. Sebelum masuk kekerongkongan makanan akan melewati pangkal tenggorokan, dimana letak epiglotis berada. Epiglotis sendiri berfungsi untuk mengatur masuknya makanan dan udara kedalam tubuh, Di kerongkongan makanan akan diremas dan didorong menuju lambung oleh gerak kerongkongan yang disebut dengan peristaltik

Lambung
Saat dilambung makanan akan mengalami pencernaan mekanin yang dilakukan oleh otot-otot lambung dan pencernaan kimiawi dengan bantuan enzim yang terdapat dilambung yaitu enzim renin, pepsin, dan HCl.

Usus Dua Belas Jari
Usus dua belas jari merupakan penghubung antara lambung dan usus halus. Didalam usus 12 jari ini terdapat enzim yang berasal dari hati dan pankreas . Enzim tersebut yaitu tripsin, lipase, disakarase, dipeptidase, dan enterokinase. Setelah proses selesai maka akan langsung menuju usus halus.

Usus halus
Didalam usus halus makanan akan mengalami proses pencernaan kimiawi yang dilakukan oleh enzim yang berasal dari hati dan pankreas. Didalam usus halus akan terjadi penyerapan sarisari makanan yang kemudian sari-sari makanan tersebut diedarkan melalui darah.

Usus Besar
Didalam usus besar tidak lagi terjadi pencernaan makanan. Hanya kegiatan penyerapan air dan garam mineral dari sisa-sisa sari makanan yang sudah diproses diusus halus. Didalam usus besar terdapat bakteri Escherichia coli yang berfungsi untuk membusukan sisa sari-sari makanan.

Anus
Sisa sari makanan yang telah membusuk akan dikeluarkan melalui anus dalam bentuk feces.

Sampai disini saja ulasan mengenai Perbedaan Proses Pencernaan Mekanik dan Kimiawi Pada Manusia, semoga saja artikel kali ini bermanfaat dan membatu anda untuk menyelesaikan tugas.


Tags: ,