Pengertian Wawancara, Tujuan Wawancara, dan Jenis Wawancara

Tentunya kamu pasti pernah mendengar kata wawancara bukan?. Wawancara pada umumnya sering terjadi ketika liputan berita dan juga pada saat melamar perkerjaan. Nah, meskipun kamu sering mendengarkannya, tapi tahukah kamu apa arti dari wawancara itu sendiri.

Pengertian Wawancara adalah kegiatan tanya jawab yang terjadi secara langsung antara dua orang atau lebih. Pewawancara biasa disebut dengan interviewer sedangkan orang yang akan diwawancarai disebut dengan interviewer.
Pengertian Wawancara, Tujuan Wawancara, dan Jenis Wawancara

Wawancara dilakukan tentunya memiliki tujuan terentu. Jadi, apa sajakah yang menjadi tujuan dari wawancara? berikut beberapa tujuannya

Tujuan Wawancara

  1. Tujuan wawancara adalah untuk mendapatkan data dari tangan pertama, sehingga data yang didapat akan lebih akurat. 
  2. Untuk melengkapi beberapa pengumpulan data dari teknik lainnya
  3. Tujuan wawancara adalah untuk menguji hasil data yang sebelumnya sudah terkumpul.

Petujuk melakukan wawancara

  1. Interview harus mengenalkan dirinya terlebih dahulu kepada interveiwee baik dilakukan secara langsung maupun tidak langsung dan menyatakan tujuan mengapa melakukan wawancara, misalnya untuk kepentingan pendidikan dan lainnya. Namun, lain halnya jika wawancara pelamaran kerja, maka yang harus mengenalkan diri adalah si pelamar kerja atau yang diwawancarai.
  2. Harus menciptakan suasana yang baik, misalnya dengan saling menghormati, mempercayai kerjasama dan menggunakan bahasa yang baik saat wawancara.
  3. Usahakan untuk menciptakan suasana yang santai sehingga proses wawancara akan terasa sangat nyaman.
  4. Khususnya untuk proses wawancara dalam pengambilan informasi, si pewawancara harus lebih terampil dalam bertanya, sehingga pembicaraan nantinya tidak terbelit-belit . Jadi, usahakan untuk menyusun pertanyaan terlebih dahulu.

Jenis-Jenis Wawancara

Wawancara memiliki beberapa jenis diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Wawancara Bebas
Wawancara bebas merupakan kegiatan wawancara yang pertanyaannya tidak disusun lebih dahulu, biasanya pertanyaan akan muncul sesuai dengan suasana saat wawancara. Wawancara jenis ini juga biasanya disebut dengan wawancara tidak terstruktur. Contoh wawancara bebas adalah wawancara dengan artis.

2. Wawancara Terpimpin
Wawancara terpimpin merupakan wawancara yang mana pertanyaannya sudah disiapkan sebelumnya. Wawancara jenis ini biasa disebut dengan wawancara berstuktur. Contoh dari wawancara terpimpin yaitu wawancara yang dilakukan pembawa berita kepada narasumber.

3. Wawancara Individual
Merupakan wawancara yang dilakukan oleh seorang wawancara pada narasumber tunggal, contoh dari wawancara ini yaitu wawancara yang dilakukan seorang wartawan pada pejabat tertentu.

4. Wawancara Konferensi
Wawanara Konferensi merupakan wawancara yang dilakukan oleh pewawancara dengan sejumlah responden atau wawancara yang dilakukan oleh sejumlah pewawancara dengan seorang responden. Contohnya yaitu wawancara yang dilakukan wartawan pada sejumlah pimpinan perusahaan yang melakukan konferensi pers untuk publitas dan wawancara yang dilakukan sejumlah wartawan pada seorang artis.

5. Wawancara Terbuka
Wawancara jenis ini memiliki pertanyaan yang tidak terbatas (tidak terikat) jawabanya. biasanya pertanyaan akan menghendaki penjelasan serta pendapat.

6. Wawancara Tertutup
yaitu wawancara yang memiliki pertanyaan terbatas, biasanya wawancara ini sudah disiapkan lembar pertanyaan (questionaire) dengan jawaban yang telah disiapkan untuk dipilih, seperti setuju, tidak setuju, ya, tidak, baik dan tidak baik.

Sampai disini saja penjelasan saya mengenai pengertian, tujuan dan jenis wawancara, semoga saja yang saya bagikan disini dapat menambah pengetahuan anda mengenai wawancara.