Pengertian dan Macam-Macam Gerak Pada Tumbuhan

Pengertian dan Macam-Macam Gerak Pada Tumbuhan- Pada pelajaran biologi, tentunya kita pernah mempelajari berbagai ciri-ciri dari makhluk hidup. Diantara banyak ciri-ciri makhluk hidup, gerak juga menjadi salah satu ciri dari makhluk hidup. Bergerak ini tidak hanya berlaku untu manusia dan hewan saja, tetapi tumbuhan juga bisa bergerak. Walaupun ketika tumbuhan bergerak tubuh tumbuhan tidak akan berpindah tempat.

Hal ini juga sekaligus mematahkan pendapat bahwa bergerak itu harus berpindah tempat. Karena dengan diam disuatu tempat, makhluk hidup juga bisa melakukan gerakan. Nah, lalu bagaimana definisi dari gerak? pengertian gerak pada tumbuhan dan apa saja macam gerak yang terjadi pada tumbuhan? berikut ulasan lebih lanjut mengenai Pengertian dan Macam-Macam Gerak Pada Tumbuhan.
Pengertian dan Macam-Macam Gerak Pada Tumbuhan


Pengertian Gerak Pada Tumbuhan

Gerak pada tumbuhan merupakan suatu perpindahan kedudukan atau posisi pada seluruh bagian tumbuhan atau pada bagian tertentu tubuh tumbuhan. Untuk membahas mengenai gerak pada tumbuhan, maka tidaklah tepat jika kita membandingkannya dengan gerak hewan, karena hewan memiliki alat gerak dan berbeda dengan tumbuhan.

Kelompok tumbuhan tingkat rendah dapat bergerak seperti berpindah posisi maupun kedudukan, namun hal ini tidak berlaku pada tumbuhan tingkat tinggi seperti tumbuhan berbiji, mereka hanya akan menggerakan bagian dari tubuhnya saja.

Biasanya pergerakan pada tubuh, disebabkan oleh adanya rangsangan, baik itu rangsangan dari luar maupun dari dalam. Nah, begitu pula dengan tumbuhan mereka bergerak juga disebabkan oleh adanya rangsangan dan biasanya pergerakannya akan menjauhi maupun mendekati arah datangnya rangsangan.

Macam-Macam Gerak Pada Tumbuhan

Berikut gerak pada tumbuhan berdasarkan arah rangsang, dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu sebagai berikut

1. Gerak Endonom

Gerak edonom merupakan gerak yang rangsangannya berasal dari dalam tubuh tumbuhan. Biasanya gerak jenis ini dipengaruhi oleh kadar air yang sering disebut dengan Hidroskopis. Contoh gerak ini yaitu pecahnya biji tanaman kacang-kacangan karena kekurangan air sehingga mengakibatkan biji kacang keluar dari tempatnya. Gerak endonom sendiri terbagi lagi menjadi dua yaitu Endonom Nutasi dan Endonom Higroskopis.

2. Gerak Eksonom (Esionom)

Gerak esionom merupaka gerak yang terjadi pada tubuh tumbuhan yang disebabkan oleh ada rangsangan dari luar tumbuhan. Biasanya rangsangan berupa sentuhan, cahaya, air, suhu, gravitasi, zat kimia dan lainnya.

Gerak Esionom sendiri dibagi lagi menjadi beberapa bagian. Berikut beberapa gerak yang merupakan jenis dari gerak esionom

Tropisme
Tropisme merupakan gerak yang terjadi pada tumbuhan yang arah geraknya dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan. Gerak jenis ini hanya dilakukan oleh bagian tumbuhan saja. Jika gerakan yang terjadi akan mendekati arah datangnya rangsangan disebut dengan Tropisme positif dan jika gerak menjauhi arah datangnya rangsangan disebut dengan Tropisme negatif. Berdasarkan dari jenis rangsangannya tropisme terbagi lagi menjadi beberapa bagian, sebagai berikut

  • Fototropisme, merupakan gerak pada tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan cahaya. Fototropisme positif ditunjukan dengan gerak tubuh tumbuhan mendekati arah datangnya cahaya sedangkan Fototropisme negatif ditunjukan dengan gerak tubuh tumbuhan yang menjauhi arah datangnya rangsangan.
  • Geotropisme, merupakan gerak tubuh tumbuhan yang disebabkan oleh rangsangan gravitasi bumi. Geotropisme positif ditunjukan dengan mendekatnya tumbuhan kearah gravitasi sedangkan Geotropisme negatif adalah gerak tumbuhan yang menjauhi arah rangsangan gravitasi. Contoh dari Geotropisme positif yaitu pertumbuhan akar yang selalu kedalam tanah.
  • Hidrotropisme, merupakan gerak pada tumbuhan yang dipengaruhi oleh air. Hidrotropisme juga ada dua yaitu Hidrotropisme positif dan negatif. Hidrotropisme positif akan mendekati air sedangkan yang negatif akan menjauhi air. Contoh dari Hidrotropisme positif yaitu gerak akar tumbuhan yang selalu kedalam tanah untuk mencari sumber air.
  • Tigmotropisme, gerak yang terjadi pada tubuh tumbuhan yang disebabkan oleh adanya sentuhan dari luar. Contoh dari gerak Tigmotropisme yaitu gerak tumbuhan yang mendekati dan melilit tumbuhan atau benda lain yang menyetuhnya.
Taksis
Pada umunya tumbuhan hanya dapat menggerakan bagian tubuh tumbuhan saja. Namun, hal ini tidak berlaku pada tumbuhan tingkat rendah, mereka bisa berpindah tempat. Misalnya tumbuhan euglena dan bakteri besi. Gerak seluruh tubuh tumbuhan mendekati dan menjauhi arah datangnya rangsangan ini disebut dengan taksis. Berdasarkan rangsangan penyebab, taksis dibedakan menjadi :
  • Fototaksis, merupakan gerak taksis yang dipengaruhi oleh rangsangan cahaya. Contonya Euglena sp yang mendekati arah rangsangan cahaya.
  • Kemotaksis, merupakan gerak taksis yang disebabkan oleh rangsanga zat kimia. Contohnya sperma lumut atau tumbuhan paku yang akan jatuh ke kepala putih dan kemudian bergerak ke arah ovum dengan panduan dari senyawa kimia dari ovum.
Nasti
Nasti merupakan gerak yang terjadi pada tumbuhan yang mana arah geraknya tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan. Gerak ini dibedakan menjadi
  • Termonasti, merupakan gerak nasti yang dipengaruhi oleh rangsangan suhu. Contohnya pada musim semi di Belanda maka bunga tulip akan mekar.
  • Niktinasti, gerak nasti yang disebabkan karena gelap. Contohnya daun pete-petean yang akan menutup pada saat senja datang.
  • Fotonasti, merupakan gerak nasti yang dipengaruhi oleh rangsangan cahaya. Contohnya mekarnya bunga pukul empat pada sore hari yang dipengaruhi oleh cahaya matahari sore.
  • Seismonasti, adalah gerak nasti yang dipengaruhi oleh rangsangan berupa sentuhan. Contohnya tertutupnya daun putri malu ketika disentuh.
  • Kemonasti, merupakan gerak nasti yang dipengaruhi oleh zat kimia. Contohnya membukanya stomata pada siang hari dikarenakan adanya karbondioksida.
  • Nasti kompleks, merupakan gerak nasti yang dipengaruhi lebih dari satu rangsangan. Contohnya gerak membuka dan menutupnya mulut daun (stomata) karena cahaya matahari, suhu, air dan zat kimia.
Demikian penjelasan mengenai Pengertian dan Macam-Macam Gerak Pada Tumbuhan, dengan begini kita sudah tahu bahwa tumbuhan juga melakukan gerakan.
Tags: ,