Pengertian Keanekaragaman Makhluk Hidup dan Contohnya

Seperti yang kita ketahui bahwa makhluk hidup yang tinggal di bumi terdapat banyak jenis atau yang sering disebut dengan beranekaragam. Makhluk hidup tersebut memiliki ukuran dan bentuk tersendiri, ada yang memiliki ukuran yang sangat besar dan ada pula yang berukuran sangat kecil, sehingga kita harus melihatnya menggunakan alat bantu.

Bicara tentang keanekaragaman makhluk hidup. Tahukan kamu apa yang disebut dengan keanekaragaman makhluk hidup itu? Keanekaragaman makhluk hidup merupakan keanekaragaman hayati (Biodiversitas), maksudnya perbedaan pada setiap makhluk hidup sesuai dengan jenis, spesies dan ekosistemnya. Biasanya hal ini disebabkan oleh adanya perbedaan ciri-ciri dari setiap makhluk hidup seperti, bentuk, warna, sifat, ukuran, habitan dan lainnya.

Pengertian Keanekaragaman Makhluk Hidup dan Contohnya

Keanekaragaman yang terjadi pada setiap makhluk hidup biasanya dipengaruhi oleh proses adaptasi dan evolusi. Maksud dari adaptasi sendiri ialah proses penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungan tempat tinggalnya agar ia mampu bertahan hidup. Contoh adaptasi yaitu unta yang memiliki punuk yang digunakan untuk menyimpan air karena ia tinggal di padang pasir.

Sedangkan yang dimaksud dengan Evolusi adalah proses perubahan yang berlangsung secara bertahap pada suatu spesies yang tejadi dalam jangka waktu yang lama hingga menghasilkan spesies baru yang berbeda dengan asalnya.. Contoh dari evolusi yaitu gajah, gajah sebenarnya merupakan hasi evolusi dari hewan purbakalan bernama Mamoth.

Penyebab Terjadinya Keanekaragaman Makhluk Hidup

Ada dua macam faktor penyebab terjadinya keanekaragaman hayati yaitu faktor lingkungan dan faktor genetika. Faktor lingkungan adalah faktor yang disebabkan oleh lingkungan misalnya lingkungan fisik, kimia, dan abiotik seperti cahaya, suhu, air, mineral, makanan, dan lainnya.

Perkawinan dan Persilangan
Perkawinan merupakan bagian dari faktor genetik, karena dengan adanya perkawinan antara individu akan dihasilkan individu baru yang memiliki jenis dan sifat berbeda. Begitupula persilangan yang sering dilakukan pada tumbuhan, dengan melakukan persilangan biasanya akan dihasilkan bibit-bibit baru yang lebih unggul. Dengan munculnya spesies dan varietas baru tersebut menyebabkan terjadinya keanekaragaman hayati.

Keadaan Lingkungan
Selain faktor genetik, lingkungan juga menjadi salah satu faktor penting penyebab terjadinya keanekaragaman hayati. Contohnya daerah yang memiliki iklim lebih subur biasanya akan memiliki banyak spesies dan tumbuhan yang lebih banyak dibandingkan daerah yang gersang. Jadi, faktor dari kesuburan daerah menjadi penyebab makhluk hidup beranekaragam.

Tingkat Keanekaragaman Hayati

Keanekaragaman hayati dibedakan menjadi 3 kelompok, yaitu sebagai berikut :

1. Keanekaragam Gen
Tiap makhluk hidup terdiri dari ribuan bahkan jutaan sel. Didalam inti sel tersebut biasanya tersimpan materi yang biasanya menjadi pembawa sifat yaitu gen. Setiap individu memiliki susunan gen berbeda, hal inilah yang menjadi penyebab terjadinya keanekaragaman makhluk hidup dalam satu spesies. Keanekaragaman ini biasanya bisa kita lihat dari satu jenis makhluk hidup yang memiliki bentuk berbeda, misalnya ayam, ada ayam kate, ayam potong, ayam sirama, ayah hutan dan ayam ras.

2. Keanekaragaman Jenis
Keanekaragaman selanjutnya berupakan bentuk keanekaragaman Genus (jenis). Keanekaragaman ini biasanya terjadi pada makhluk hidup satu family namun berbeda spesies. Contohnya family kucing (Felidae) yaitu kucing, singa, harimau, leopard, macan, dll. Meskipun masih dalam satu family merekan memiliki sifat dan ciri-ciri yang berbeda.

3. Keanekaragam Ekosistem
Keanekaragaman ekosistem bisa dilihat dari komponen penyusunnya. Tentunya jenis hewan dan tumbuhan yang ada dihutan akan berbeda dengan tumbuhan dan hewan yang berada dilaut.

Tiga keanekaragam makhluk hidup yang sudah disebutkan sebelumnya, tentunya saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan antara satu dan lainnya. Karena ketiganya menjadi faktor terpenting dalam membangung keanekaragaman makhluk hidup/hayati.

Selesia sudah pembahasan Pengertian Keanekaragaman Makhluk Hidup dan Contohnya, semoga artikel ini bisa membantu anda dalam menyelesaikan tugas.
Tags: ,