Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli

Pengertian Ideologi - Ideologi merupakan kumpulan ide atau gagasan yang merupakan konsep untuk dijadikan sebagai pendapat demi mendapatkan petunjuk pada arah kelangsungan hidup. Kata Ideologi pertama kali digunakan oleh Destutt de Tracy pada akhir abad 18 yang digunakan untuk mendefinisikan "Sains tentang ideas"
Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli

Ideologi juga bisa diartikan sebagai penemuan dan hasil pemikiran yang berupa teori dan pengetahuan. Jadi, Ideologi secara umum dapat diartikan sebagai kumpulan ide dasar dengan konsep bersistem yang dapat dijadikan sebagai asas sebagai petunjuk untuk arah kelangsungan hidup dan negara.

Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli

  • Ali Syariati, megartikan Ideologi sebagai keyakinan-keyakinan dan gagasan-gagasan yang ditaati oleh suatu kelompok, suatu kelas sosial, suatu bangsa atau suatu ras tertentu.
  • Machiavelli, mendefiniskan bahwa Ideologi adalah sistem perlindungan kekuasaan yang dimiliki oleh penguasa.
  • A.S. Hornby, Menurutnya Ideologi adalah seperangkat gagasan yang membentuk landasan teori ekonomi dan politik yang dipegang oleh seseorang atau sekelompok orang.
  • Nicollo Machiavelli, mendefinisikan ideologi adalah pengetahuan tentang cara menyembunyikan kepentingan, mendapatkan, serta mempertahankan kekuasaan dengan memanfaatkan konsepsi-konsepsi keagamaan dan tipu daya.
  • Descartes, ia mendefinisikan ideologi sebagai inti dari semua pemikiran manusia.
  • Dr. Alfian, mendefinisikan ideologi adalah suatu pandangan atau sistem nilai yang menyeluruh dan mendalam mengenai bagaimana cara yang sebaiknya, yaitu secara moral dianggap benar dan adil, untuk mengatur tingkah laku bersama dalam berbagai segi kehidupan.
  • Karl Maanheim, menurutnya ideologi merupakan suatu sistem pemikiran yang berguna dalam mempertahankan orde sosial tertentu.
  • M. Sastra Prateja, menegaskan bahwa ideologi adalah sintesa pemikiran mendasar dari suatu konsep hidup. Sintesa maksudnya adalah paduan dari berbagai pengertian agar semuanya menjadi selaras/sama.
  • W. White, mendefinisikan ideologi sebagai cita-cita politik atau doktrin (ajaran) dari lapisan masyarakat atau sekelompok manusia yang dapat dibeda-bedakan.
  • Silvio Vietta, mengartikan ideologi sebagai bentuk perlindungan kumpulan ide terhadap tingkah politik yang tidak rasional yang bertindak dalam wujud idealisme.
  • Muhammad Ismail, mendifinisikan ideologi adalah pemikiran mendasar yang sama sekali tidak dibangun di atas pemikiran-pemikiran yang lain, tetapi merupakan akumulasi jawaban untuk pertanyaan dari mana, untuk apa, dan mau ke mana alam, manusia, dan kehidupan ini yang dihubungkan dengan asal muasal penciptaannya dan kehidupan setelahnya.
Demikian pembahasan kali ini mengenai Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli, semoga saja artikel ini dapat memberi pengetahuan bagi kita semua.