Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Kita sering sekali mendengar kata-kata globalisasi dan bahkan kata tersebut sering sekali di katakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, meskipun begitu tidak semua orang sudah mengerti maksud dari globalisasi. Karena itulah, disini Ilmu Pedial akan membahas secara rinci pengertian dari globalisasi, baik itu secara umum maupun menurut para ahli.

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Kata globalisasi sendiri berasal dari bahasa Inggris yang terdiri dari dua kata yaitu Global dan Lization (Globalization) yang memiliki arti masing-masing universal dan proses.

Dari arti kata tersebut dapat kita tarik kesimpulan bahwa Globalisasi merupakan proses penyebaran unsur-unsur baru baik informasi yang mendunia melalui media cetak ataupun elektronika. Globalisasi dapat terwujud karena adanya kemajuan dalam bidang komunikasi didunia. Milsanya informasi yang berada di suatu belahan dunia dapat dengan mudah diketahui oleh belahan dunia lainnya.

Setelah memahami mengenai asal muasal dan pengetian kata globalisasi, sekarang kita akan membahas pengertian globalisasi menurut para ahli.

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

1. Thomas L. Friedman

Menurut Thomas L. Friedman Globalisasi memiliki dua dimensi yaitu idiology dan tekhnlogi. Tekhnologi yaitu kapitalisme dan pasar bebas, sedangkan tekhnologi adalah tekhnologi informasi yang telah mempersatukan dunia.

2. Malcom Waters

Globalisasi adalah proses sosial yang berakibat mengenai pembatasan geografis dalam keadaan sosial budaya menjadi kurang penting, yang terjelma didalam kesadaran orang .

3. Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan

Globalisasi adalah proses yang menyangkut tentang penyebab, kasus, dan konsekuensi dari integrasi transnasional dan transkultural pada kegiatan manusia dan non-manusia.

4. Emanuel Ritcher

Globalisasi adalah jaringan kerja global yang secara bersamaan akan menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpencar - pencar dan terisolasi kedalam menjadi saling ketergantungan dan persatuan dunia .

5. Selo Soemardjan

Globalisasi adalah proses terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antarmasyarakat di berbagai negara atau dunia. Tujuan globalisasi adalah untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah tertentu yang sama misalnya terbentuknya PBB, OKI.

6. Achmad Suparman

Globalisasi adalah proses yang menjadikan sesuatu benda atau perilaku sebagai ciri dan setiap individu di dunia ini tampa dibatasi oleh wilayah .

7. Anthony Giddens

Globalisasi adalah intensifikasi hubungan sosial di seluruh dunia yang akan menghubungkan daerah yang jauh dalam sedemikian rupa sehingga kejadian lokal dibentuk oleh peristiwa yang terjadi bermil-mil jauhnya dan sebaliknya.

8. Edison A. Jamli dkk 

Globalisasi adalah sebuah proses yang muncul dari sebuah gagasan, yang kemudian ditawarkan untuk diikuti oleh bangsa lain yang pada akhirnya sampai pada sebuah titik kesepakatan bersama dan dijadikan panutan bersama bagi bangsa-bangsa yang berada di seluruh dunia.

9. Laurence E. Rothenberg

Globalisasi merupakan percepatan dari intensifikasi integrasi dan interaksi antara orang-orang, perusahaan dan pemerintah dari negara yang berbeda.

Demikian pembahasan mengenai Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli, semoga saja pembahasan kali ini dapat membantu dan bermanfaat bagi kalian yang membacanya.