Contoh Ekosistem Alami dan Contoh Ekosistem Buatan

Sebelum kita mempelajari lebih lanjut mengenai Contoh ekosistem, ada baiknya kita mengetahui apa yang dimaksud dengan ekosistem terlebih dahulu. Ekosistem merupakan  sistem ekologi yang dibentuk dari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem juga bisa dikatakan sebagai suatu tatanan kesatuan yang utuh dan menyeluruh pada segenap unsur lingkungan hidup yang saling mempengaruhi.

Setelah mengetahui, pengertian ekosistem sebelumnya, selanjutnya kita akan mempelajari apa saja contoh dari ekosistem.Biasanya setiap siswa/i sering diberi pertanyaan oleh gurunya mengenai contoh dari ekosistem alami dan ekosistem buatan. Meskipun pertanyaan tersebut sering diulang dari tahun ke tahun, namun masih tetap saja ada yang belum bisa menjawabnya. Hal ini dikarenakan contoh dari ekosistem sendiri bisa membuat siswa bingung meskipun sudah mempelajari dan membaca pengertian dari ekosistem,
Contoh Ekosistem Alami dan Contoh Ekosistem Buatan

Jadi, agar kamu tidak bingung lagi jika ditanya mengenai  Contoh Ekosistem Alami dan Contoh Ekosistem Buatan, disini Ilmu Pedial akan membahas materi tersebut dengan rinci, agar kita semua dapat belajar bersama

 Contoh Ekosistem Alami

Seperti namanya yang dimaksud dengan Ekosistem alami adalah suatu ekosistem yang terbentuk secara sendirinya oleh kegiatan alam yang berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Ekosistem alami terbagi lagi menjadi dua macam, yaitu ekosistem darat dan ekosistem perairan. Berikut beberapa contohnya


  1. Ekosistem laut merupakan contoh ekosistem alami yang terdiri dari lingkungan perairan dengan kadar salinitas dan garam  yang tinggi.Seperti yang kita ketahui bahwa  dua dari per tiga luas muka bumi terdiri dari laut.
  2. Ekosistem sungai merupakan contoh ekosistem alami yyang terdiri dari perairan air tawar (berkadar garam rendah) dan  terus mengalir. Ekosistem ini memiliki ciri khas yaitu sedimentasi pada setiap dasar substratnya.
  3. Ekosistem air terjun merupakan sebuah contoh ekosistem yang  bersifat lotik dengan ciri khas mengalirkan air dengan sangat deras karena berada pada permukaan dengan yang sangat curam dan tinggi.
  4. Ekosistem hutan adalah ekosistem alami yang terdiri atas pepohonan besar dan adanya keragaman organisme yang tinggi. Di ekosistem hutan terdapat  2 jenis bioma yaitu bioma hutan hujan tropis dan bioma hutan gugur.
  5. Ekosistem gua merupakan ekosistem alami yang terbentuk disebabkan karena adanya rongga dalam pertemuan lempeng batuan bumi. Ekosistem ini  sangat identik dengan tempat yang gelap dan menjadi tempat tinggal  hewan nokturnal seperti reptil dan kelelawar.
  6. Ekosistem gunung adalah ekosistem yang letaknya jauh dari permukaan laut. Udara di ekosistem ini sangat dingin.

Contoh Ekosistem Buatan

Ekosistem buatana ialah ekosistem yang tebentuk dari kerja alam dan campur tangan manusia. Ekosistem ini hanya memiliki keragaman makhuk hidup yang rendah. Contoh dari ekosistem buatan adalah sebagai berikut
  1. Ekosistem waduk, ini merpakan contoh ekosistem buatan yang dibangun manusia untuk menampung air dari ekosistem sungai. Waduk atau bendungan termasuk kedalam ekosistem air tawar yang memiliki habitat berupa lentik, yang disebabkan karena airnya tidak mengalir.
  2. Ekosistem sawah adalah contoh ekosistem buatan yang dibuat manusian untuk menanam padi. Yang tinggal di ekosistem sawah ini yaitu berbagai hewan penggangu tanaman seperti serangga dan gulma.
  3. Ekosistem kebun binatang merupakan contoh ekosistem buatan yang sengaja dibuat untuk sarana rekreasi yang ditempati oleh hewan liar yang dikandangkan.
  4. Beberapa contoh ekosistem buatan lainnya yaitu ekosistem tanggul, ekosistem akuarium dan ekosistem taman
Demikian penjelasan mengenai Contoh Ekosistem Alami dan Contoh Ekosistem Buatan kali ini, semoga saja ini bisa membantu kamu memahami mengenai ekosistem lebih dalam lagi dan membantu kamu menjawab pertanyaan disekolah.
Tags: ,