Berbagai Gangguan dan Kelainan Pada Tulang

Tulang adalah jaringan ikat khusus yang diresapi dengan garam anorganik, lebih utamanya garam kalsium seperti kalsium fosfat, kalsium karbonat dan lainnya. Tulang memiliki beberapa fungsi,salah satu fungsi utama tulang adalah sebagai salah satu penyusun rangkah tubuh makhluk hidup. Tulang juga memiliki fungsi sebagai tempat terbentuknya sel-sel darah, pelindung organ, memberi bentuk tubuh, penyimpanan mineral dan mendukung lokomosis hewan. Tulang merupakan alat gerak pasif yang mana hanya dapat bergerak dengan bantuan otot rangka yang melekat pada tulang.

Dengan melihat banyaknya fungsi dari tulang, tentunya kita akan merasa terganggu jika terjadinya kelainan dan gangguan pada tulang. Gangguan dan kelainan pada tulang sendiri sering terjadi akibat beberapa faktor, diantara faktor luar dan dalam.

Penyebab terjadinya kelainan berdasarkan faktor yang berasal dari luar diantaranya meliputi kecelakaan, nutrisi (makanan), kebiasaan, pola hidup dan lainnya.Sedangkan yang menjadi faktor dari dalamnya yaitu terjadi kesalahan metabolisme serta fungsi sel tubuh penyusun tulang.

Berbagai Gangguan dan Kelainan Pada Tulang

Salah satu contoh nyata yang sering kita lihat mengenai gangguan dan kelainan tulang yaitu terjadinya patah tulang. Untuk lebih lanjut mengetahui berbagai kelainan pada tulang silahkan simak penjelasan berikut

Gangguan dan Kelainan Pada Tulang

1. Gangguan tulang yang disebabkan oleh benturan (kerusakan mekanis)

  • Fraktura merupakan kerusakan yang menyebabkan tulang patah, jika tulang yang patah terlihat keluar maka disebut dengan Fraktura terbuka.
  • Remuk atau Comminuted merupakan kelainan pada tulang yang disebabkan oleh kecelakaan atau benturan sehingga menyebabkan tulang hancur tetapi tetap terbungkus dalam jaringan otot.
  • Fisura merupakan kelainan pada tulang yang disebabkan karena benturan ataupun terjatuh sehingga menyebabkan tulang menjadi retak. Kelainan jenis ini masih terbilang dalam golongan kerusakan yang sederhana, karena hanya terjadi kerusakan hingga periosteum (pembungkus tulang).
  • Greenstick, kelainan tulang ini hampir sama dengan fisura, yaitu menyebabkan tulang retak sebagian namun tidak sampai terpisah.
2. Gangguan tulang yang disebabkan oleh malnutrisi
Tulang juga tersusun dari berbagai mineral serta memerlukan vitami untuk pembentukannya. Kekurangan nutrisi seperti Kalsium, phosphor, dan vitamin D dalam pembentukan tulang dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada tulang diantaranya
  • Osteoporosis merupakan kelainan pada tulang, yang mana tulang menjadi kropos hal ini disebabkan karena kekurangan kalsium yang dapat memperkuat tulang.
  • Rakhitis, merupakan gangguang yang penyebab utamannya adalah kurangnya vitamin D. Biasanya kelainan ini akan terlihat dengan tulang berbentu seperti huruf  X atau O. Kelainan ini umunya terjadi pada anak-anak sehingga jangan perhatikanlah anak anda jangan sampai kekuarangan vitamin D.
3. Gangguan tulang yang disebabkan oleh fisiologi sel dan infeksi patogen
Gangguan tulang yang disebabkan oleh adanya gangguan metabolisme dalam sel dan infeksi pada patogen yaitu sebagai berikut
  • Kanker Tulang, penyebab dari kanker tulang sendiri belum pasti diketahui, namun kondisi seperti ini diduga karena mutasi ataupun perubahan didalam dalam struktur DNA yang bertugas mengendalikan pertumbuhan sel sehingga sel-sel tersebut akan terus tumbuh sampai tak terkendali.
  • Polio, merupakan gangguan virus yang menyerang sistem saraf dan sangat mudah menular. Jika penyakit semakin para maka menyebabkan sulit bernafas, kelumpuhan himgga kematian
  • TBC Tulang, merupakan gangguan tulang yang disebabkan karena infeksi bakteri tuberculosis yang dapat menimbulkan rasa nyeri pada tulang
  • Layu Semu, Merupakan kelainan yang sering terjadi pada bayi yang tertular oleh ibu penderita infeksi bakteri sifilis. Hal ini menyebabkan tulang bayi mengalami kelayuan hingga menjadi lumpuh.
  • Hidrosefalus (megacephalus), merupakan sebuah penyakit yang akan menyerang otak, hal ini disebabkan karena penumpukan cairan serebrospinal pelindung otak sehingga akan menyebabkan tengkorak tampak menojol keatas dan membuat kepala menjadi besar, biasan penyakit ini sering terjadi pada anak-anak.
  • Mikrosefalus, gangguan tulang yang satu ini merupakan lawan dari Hidrosefalus, karena pada kasus ini tulang tengkorak akan mengecil karena minimnya cairan serebrospinal pada otak yang menyebabkan sipenderita memiliki kepala yang kecil.
4. Gangguan tulang yang disebabkan oleh kesalahan sikap duduk
Kesalah ketika duduk dapat menyebabkan kelainan pada tulang, jika kesalaha terus terjadi maka akan mengakibatkan tulang menjadi berubah bentuk. Lalu apa saja gangguan tulang yang disebabkan oleh kesalahan sikap duduk, berikut penjelasannya.
Berbagai Gangguan dan Kelainan Pada Tulang
  • Skoliosis, merupakan kelainan pada tulang belakang yang membengkok kearas samping hingga menyerupai huruf S, biasanya ini terjadi karena kebiasaan duduk dalam keadaan miring
  • Lordosis, adalah kelainan pada tulang belakang yang berbentuk melengkung kedepan. Hal ini biasa disebabkan oleh posisi duduk yang terlalu rendah dibandingkan dengan meja, sehingga menyebabkan badan selalu melengkung dan mencondong kedepan. Pada ibu hamil juga sering terjadi Lordisis
  • Kifosis, merupakan kelainan pada tulang belakang yang mengakibatkan tulang melengkung kebelakang. Biasanya ini disebabkan karena sering menunduk atau sering duduk dibangkung yang lebih tinggi dibandingkan meja.
Itulah sekilas ulasan mengenai Berbagai Gangguan dan Kelainan Pada Tulang, semoga ulasan diatas dapat menambah pengetahuan kita semua.
Tags: ,