Asal Mula Terjadinya Bangsa

Asal Mula Terjadinya Bangsa - Sebelumnya Ilmu Pedial telah membahas mengenai Pengertian Bangsa Menurut Para Ahli, jika kalian belum mengetahui pengertian bangsa baik secara umum maupun menurut para ahli, ada baiknya anda baca terlebih dahulu artikel sebelumnya.

Walaupun belum terdapat persamaan pandang diantara para pakar kenegaraan tentang pengertian bangsa, namun mereka mempunyai kesamaan dalam menentukan faktor objektif terbentunya suatu bangsa. Kesamaan-kesamaan tersebut adalah bahwa suatu bangsa dapat terbentuk karena dilandasi oleh rasa kesatuan dan persatuan tanah air, keturunan, adat istiadat, budaya, bahasa, serta cita-cita.


Menurut Hans Kohn (Jerman), pada umunya bangsa terbentuk karena adanya faktor-faktor objektif tertentu yang membedakannya dari bangsa lain, yaitu kesamaan keturunan, wilayah, bahasa, adat istiadat, kesamaan politik, kesamaan perasaan dan kesamaan agama.

Menurut Frederich Hertz, seorang pakar kenegaraan dari Jerman, mengemukakan bahwa ada empat faktor penting terbentuknya suatu bangsa, yaitu:
  1. Keinginan untuk mencapai kesatuan nasional, yang meliputi kesatuan sosial, ekonomi, politik, agama, kebudayaan, komunikasi dan solidaritas.
  2. Keinginan untuk mencapai kemerdekaan dan kebebasan nasional sepenuhnya, yaitu bebas dari dominasi dan campur tangan bangsa asing terhadap urusan atau kepentingan nasionalnya.
  3. Keinginan dalam kemandirian, keunggulan, individualistas, keaslian, atau kekhasan (misalnya menjunjung tinggi adat istiadat dan budaya)
  4. Keinginan untuk menonjol dari bangsa-bangsa lainnya dalam mengejar kehormatan, pengaruh, dan prestise
Menurut pendapat beberapa ahli yang disebut bangsa Indonesia sesungguhnya adalah semua suku bangsa di Indonesia. Hal ini karena dahulunya berbagai suku bangsa di Indonesia tersebut menyatakan keinginan untuk membentuk negara Indonesia. Dengan kata lain bangsa Indonesia merupakan bagian dari negara Indonesia.

Keinginan untuk membentuk negara Indonesia oleh bangsa-bangsa yang berada di Indonesia sudah sejak lama munculnya. Hal itu dapat dilihat dari keinginan yang kuat bangsa-bangsa tersebut untuk bebas dari penjajahan, yaitu mengadakan perlawanan terhadap penjajah. Kebersamaan melakukan perlawanan tersebut menambah kuat keinginan mereka untuk menyatu dalam bentuk suatu negara, yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa manusia atau kelompok manusia itu menyatu dan membentuk suatu bangsa didasarkan pada:
  1. Kesamaan sejarah, yaitu manusia itu tumbuh dan berkembang dalam proses sejarah atau latar belakang sejarah yang sama.
  2. Kesamaan nasib manusia atau kelompok manusia itu memiliki nasib yang sama, seperti ketika rakyat Indonesia dalam penjajahan.
  3. Kesamaan Budaya, yaitu kelompok manusia itu memiliki kesamaan kebudayaan dan adat istiadat.
  4. Kesamaan wilayah, yaitu manusia atau kelompok manusia itu memiliki kesamaan terhadap kecintaan tanah airnya, tempat tinggal, dan keturunannya.
  5. Kesamaan rasa dan perasaan, yaitu manusia dan kelompok manusia dalam wilayah itu memiliki perasaan dan cita-cita yang sama atau nilai-nilai religius yang sama.
Nah, itulah sekilas artikel mengenai Asal Mula Terjadinya Bangsa, semoga saja artikel ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan bagi anda yang membacanya
Tags: ,