Ciri-ciri Air Tercemar dan Penyebabnya

Bagi semua makhluk yang ada di Bumi, air merupakan salah satu sumber utama kehidupan maka dari itu, air menjadi salah satu faktor terpenting didunia ini. Sebagai salah satu sumber daya alam, air dapat kita temui dari berbagai jenis, baik air bersih, tercemar dan air asin.

Manusia sebagai salah satu pengonsumsi air, tentunya harus dapat membedakan mana air bersih dan yang mana air yang tidak layak dipakai. Hal ini karena air tersebut akan dikonsumsi kedalam tubuh sehingga jika air tidak bersih maka polutan pun akan ikut terbawa kedalam tubuh anda dan tentunya akibat yang ditimbulkan adalah berbagai macam penyakit akan menyerang tubuh anda.
Ciri-ciri Air Tercemar dan Penyebabnya

Untuk menghindari anda mengonsumi air tercemar ada baiknya untuk mempelajari bagaimana ciri-ciri dari air tercemar tersebut. Air tercemar tentunya akan memiliki ciri-ciri yang akan berlawanan dengan air bersih dan ini biasanya akan tampak dengan kasat mata ataupun melalui penelitian terlebih dahulu.

Ciri-ciri Air Tercemar

1. Terapat Warna Pada Air
Air yang semula jernih dan bersih tiba tiba menjadi berwarna, anda perlu waspada karena didalam warna tersebut biasanya mengandung zat kimia yang dibuang oleh pabrik industri.

2. Memiliki Bau
Air yang sudah tercemar akan memiliki bau yang sangat menyengat dan bahkan akan tercium busuk, hal ini karena adanya zat kimia dan bakteri yang sudah terkandung di Air.

3. Memiliki Rasa
Air yang memiliki rasa juga termasuk air yang tercemar, namun buka berarti air yang biasa kita minum seperti teh termasuk sudah tercemar, karena dalam hal ini kita sengaja menambahkan perasa. Namun, untuk kasus air tercemar akan memiliki rasa tanpa adanya tambahan perasa, biasanya rasa yag akan ditimbulkan mulai dari pahit, asin dan manis biasanya ini disebabkan oleh pembuangan limbah pertanian dan industri.

4. Derajat Keasamaan (pH)
Air yang normal akan memiliki pH netral sama dengan 7. Organisme pencemar tidak akan bisa hidup di air yang bersifat netral, jadi jika air memiliki derajat keasaman selain 7 maka dapat dipastikan air tersebut akan mengalami pencemaran.

5. Suhu
Pada umunya air akan memiliki suhu dibawah suhu lingkungan, misalnya saja jika lingkungan disekitar anda memiliki suhu 25 derajat makan akan dianggap normal jika air di sekitar lingkungan tersebut berada dibawah 25 derajat. Tetapi jika air tersebut menjadi panas, tanpa dipanaskan maka sudah dapat dipastikan bahwa air tersebut sudah tercemar.

6. Kelebihan Jumlah Mikroorganisme
Sampah yang dibuang keair dan menjadi polutan tersebut tentunya akan diuraikan oleh mikroorganisme, sehingga semakin banyak sampah maka akan semakin banyak pula mikroorganisme yang dibutuhkan. Mikroorganisme yang terdapat di air tersebut tentunya tidak semuanya bersifat baik dan pastinya ada juga yang menjadi patogen yaitu pembawa penyakit.

Dalam menguraikan sampah tentunya mikroorganisme juga membutuhkan oksigen maka semakin banyak mikroorganisme maka akan semakin banyak pula oksigen yang dibutuhkan sehingga ini akan menimbulkan dampak kurangnya oksigen didalam air.

Dengan kurangnya oksigen ini tentunya akan berdampak pada tumbuhan dan hewan yang terdapat di air, karena tumbuhan dan hewan seperti ikan juga membutuhkan oksigen.

7. Terdapat Endapan dan Bahan Terlarut
Endapan merupakan bahan yang terdapat didasar air sedangkan bahan terlarut merupakan bahan yang tercampur dengan air tanpa disadari, kedua hal ini akan menjadi penyebab air memiliki bau, warna dan berubah pH.

Beberapa endapan dan zat terlarut misalnya sampah anorganik, zat pestisidan, pembuangan limbah pabrik dan lainnya.

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai pencemara air ini anda bisa membaca disini Karakteristik Fisik,Kimia dan Biologi Limba karena dipostingan tersebut akan membahas lebih detail mengenai zat yang menjadi pencemar di air.

Penyebab Tercemarnya Air

Banyak sekali kegiatan yang tanpa kita sadari dan bahkan kita sadari yang dapat menyebabkan air tercemar. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Aktivitas dalam rumah tangga yang sering menggunakan sabun detergen untuk mencuci baju maupun sabun mandi.
  2. Pabrik yang pastinya menghasilkan limbah berbahaya dan langsung membuang bahan kimia tersebut ke sungai.
  3. Kegiatan pertanian yang menggunakan pupuk dan pestisida.
  4. Membuang sampah langsung ke sungai
  5. Bencana Alam 
Jadi, untuk menentukan baik tidaknya suatu air anda harus bisa memahami derajat keasaman (pH) , suhu. warna dan bau air.
Tags: ,