Pengertian dan Contoh Simbiosis Parasitisme

Pengertian dan Contoh Simbiosis Parasitisme - Secara sederhana Simbiosis Parasitisme merupakan suatu keadaan dimana salah satu makhluk hidup akan diuntungkan dengan cara membuat makhluk hidup lainnya menjadi rugi. Jadi, dalam simbiosis jenis ini maka akan ada makhluk hidup yang diuntungkan dan juga dirugikan.
Pengertian dan Contoh Simbiosis Parasitisme

Jika kita artikan secara terpisah, Simbiosis merupakan suatu pola interaksi yang sangat erat khusunya antara dua makhluk hidup yang berlainan jenis. Istilah Simbiosis sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu Sym yang memiliki arti Dengan dan Bios diartikan sebagai kehidupan. Biasanya makhluk hidup yang bersimbiosis disebut dengan Simbion.

Simbios terdiri dari berbagai macam bentuk diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Simbiosis Mutualisme
  • Simbiosis Parasitisme
  • Simbiosis Komensalisme
  • Simbiosis Kompetisi
  • Simbiosis Amensalisme

Contoh Simbiosis Parasitisme 

1.  Kutu dengan hewan yang ia tinggali
Pada kasus ini kutu akan mendapatkan keuntungan dengan menghisap darah hewan yang ia tinggali untuk memenuhi kebutuhannya sedangkan hewan yang ia tinggali akan merasa rugi karena akan merasa kegatalan akibat dari hisapan kutu tadi.

2. Benalu dan Inangnya
Benalu biasanya akan berfotosintesis, dalam melakukan fotosintesis benalu akan membutuhkan mineral dan air, sehingga mineral dan air pada inangnyalah yang akan benalu ambil, akibatnya inang akan merasa di rugikan

3. Tikus dan Petani
Tikus mendapatkan keuntungan dengan memakan tanaman petani sedangkan petani akan mengalami kerugian karena tanamannya dimakan dan dirusak tikus.

4. Rafflesia Arnoldi dan Tumbuhan Inangnya
Rafflesia Arnoldi tidak memiliki akar, batang dan daun. Sehingga untuk mendapatkan makanan ia akan mengambil makanan dari tubuh inangnya dan tentunya inangnya akan dirugikan karena persediaan makanannya diambil.

5. Cacing Pita dan Manusia
Cacing pita yang hidup didalam tubuh manusia akan mendapatkan keuntungan karena mendapatkan makanan didalam tubuh manusia khususnya dibagian usus, sedangkan manusia akan merasa dirugikan karena makanannya dimakan oleh cacing pita.

6. Tali Putri dan Inangnya
Tali putri merupakan tumbuhan yang tidak memiliki krolofil jadi tidak dapat melakukan fotosintesis, sehingga untuk mendapatkan zat organik ia akan mengambil dari inangnya sedangkan inangnya akan merasa dirugikan karena zat organik yang ia miliki diambil oleh tali putri

7. Jamur Panu dan Manusia
Jamur panu akan mendapatkan keuntungan yaitu dengan mendapatkan tempat tinggal ditubuh manusia sekaligus mendapatkan makanan berupa protein yang ada pada kulit manusia, sedangkan manusia akan mengalami kerugian karena merasa gatal dan tidak nyaman.

Saya rasa cukup 7 saja contoh yang saya berikan pada postingan kali ini, semoga anda bisa lebih paham ketika membaca postingan ini dan terimakasi karena telah meluangka waktu untuk membaca artikel Pengertian dan Contoh Simbiosis Parasitisme.
Tags: ,