Pengertian dan Contoh Paragraf Deduktif

Paragraf merupakan kumpulan kalimat yang terdapat dalam suatu karangan ataupun artikel yang biasanya didalamnya akan terdapat sebuah kalimat utama dan kalimat penjelas. Di dalam pelajaran Bahasa Indonesia, Paragrafdi bedakan menjadi dua yaitu Paragraf Deduktif dan Induktif. Khusus pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai Paragraf deduktif saja.

Pengertian Paragraf Deduktif

Paragraf Deduktif merupakan Paragraf yang kalimat utamannya terletak diawal Paragraf dan selanjutnya disusul dengan kalimat penjelas atau kalimat khusus.
Pengertian dan Contoh Paragraf Deduktif

Contoh Paragraf Deduktif

Contoh Pertama
Bermain laptop dengan cara di Charge namun melepas baterai dapat menimbulkan dampak yang tidak baik bagi laptop itu sendiri. Hal ini dikarenakan baterai dapat menyesuaikan arus yang masuk kedalam hardware yang ada dilaptop. Beberapa hardware yang akan mengalami kerusakan ketika menggunakan laptop tanpa baterai yaitu Hardisk, RAM dan Prosesor.

Contoh Kedua
Tikus merupakan hama yang menjadi musuh besar bagi petani karena tikus tanaman padi berhektar-hektar akan mengalami kerusakan. Bahkan tidak hanya tanaman padi saja yang menjadi sasaran serangan tikus-tikus, tanaman lain pun seperti singkong dan tanaman lainnya tak luput dari serangan hama yang satu ini. Bahkan tidak hanya tanaman saja binatang ternak seperti Ayam dan bebek pun tidak luput dari serangan tikus.

Contoh Ketiga
Indonesia merupakan salah satu negara terindah yang ada didunia, karena di Indonesia terdapat pantai dan puncak gunung maupun tempat wisata yang sangat luar biasa. Diantara tempat-tempat wisata terindah di Indonesia ada beberapa tempat yang bisa kita kunjungi diantaranya Pantai Tangsi di Lombok. Pantai Sanur di Pulau bali dan gunung Bromo di Jawa Timur.