Pengertian Seni Rupa Modern, Aliran, Ciri-ciri dan Contohnya

Jika dilihat dari masa kemunculannya, seni rupa akan dibagi menjadi 3 yaitu seni rupa tradisional daerah, seni rupa kontemporer dan seni rupa modern. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai seni rupa tersebut tetapi tidak semuannya, disini saya hanya akan fokus membahas mengenai seni rupa modern saja. Yang akan dibahas disini yaitu pengertian dari seni rupa modern, aliran seni rupa modern dan ciri-ciri serta contohnya
Pengertian Seni Rupa Modern, Aliran, Ciri-ciri dan Contohnya

Untuk menjaga nilai estetik seni rupa yang hampir terancam oleh berbagai masalah. Maka diciptakanlah seni rupa modern. Seni rupa modern ini akan menciptakan "Conceptual Art" atau "Seni Konseptual yang merupakan suatu usaha untuk menempatkan konsep, gagasan dan ide sebagai sarana utama untuk menciptakan karya seni dan yang menjadi objek dan material unsur seni rupa hanya akan dianggap  menjadi efek samping dari konsep seni rupa tersebut.

1. Pengertian Seni Rupa Modern

Seni rupa modern merupakan seni rupa yang diciptakan dari ide dan wujud yang tak terbatas pada budaya dan aturan-aturan daerah. Seni rupa modern ini merupakan seni yang tercipta dari kerativitas dan inovasi yang menekankan pada unsur eksperimen, pembaruan dan orisinalitas.

Meskipun diciptakan dengan filosofi yang tak terbatas, seni rupa modern tetap mengandung filosofi dan sesuai dengan aliran-aliran seni rupa yang ada.

2. Aliran Seni Rupa Modern
Diseni rupa modern terdapat 15 aliran diantaranya adalah Naturalisme, Impresionisme, Realisme, Ekspresionisme, Romantisme, Kubisme, Dadaisme, Fauvisme, Futurisme, Surealisme, Pop Art, Neo Klasik, Post Modern, Konstruktivisme dan Abstarksionisme

3. Ciri-ciri Seni Rupa Modern
Untuk mengenali seni rupa modern kalian dapat melihat melalui ciri-ciri berikut

  1. Tidak terikat oleh aturan-aturan tertentu
  2. Tidak terdapat unsur ornament
  3. Minimalis, universal dan rasionalitas
  4. Penguatan dalam konsep
  5. Orisinil dan kreativitas
  6. Fungsionalitas sangat di prioritaskan
  7. Tidak ada kaitan dengan sejarah
4. Fungsi dan Tujuan Seni Rupa Modern
Dengan hadirnya seni rupa modern banyak sekali memberikan manfaat dan tujuan. Seni rupa modern memiliki fungsi sebagai berikut
  • Seni rupa modern akan memberikan warna baru yang akan memenuhi kebutuhan fisik dan psikis manusia. Kebutuhan fisik sendiri, misalnya terciptanya kendaraan dengan varian yang baru.
  • Meningkatkan kepopuleritas para seniman, karena setiap karya yang akan diciptakan pasti nama seniman akan di sertakan
  • Dengan adanya eksperimen dan penemuan baru, maka manusia lebih mudah untuk memilih seni rupa yang diinginkan
  • Menjadi media hiburan. Contoh nya saja trick eye yang menjadi tempat manusia bersenang-senang dengan cara berfoto
5. Contoh Seni Rupa Modern
di Indonesia seni rupa modern dapat kita temukan melalui lukisan beberapa seniman seperti Raden Saleh, Syarif Bustaman dan Abdul Salam. Serta contoh lainnya seperti yang dikatakan sebelumnya yaitu trik eye yang sudah dapat ditemukan diberbagai kota di Indonesia.


Tags: ,