Pengertian Seni Rupa dan Prinsip-Prinsip Seni Rupa

Seni rupa merupakan sebuah konsep atau nama untuk salah satu cabang seni yang bentuknya terdiri atas unsur-unsur rupa yaitu : bidang, garis, tekstur, bentuk warna dan ruang. Unsur-unsur rupa tersebut tersusun menjadi satu dalam sebuah pola tertentu.

Bentuk karya seni rupa merupakan keseluruhan unsur-unsur rupa yang tersusun dalam sebuah struktur atau komposisi yang bermakna. Unsur-unsur rupa tersebut bukan sekedar kumpulan atau akumulasi bagian-bagian yang tidak bermakna, akan tetapi dibuat sesuai dengan prinsip tertentu.

Makna bentuk karya seni rupa tidak ditentukan oleh banyak atau sedikitnya unsur-unsur yang membentuknya, tetapi dari sifatstruktur itu sendiri. Dengan kata lain kualitas keseluruhan sebuah karya seni lebih penting dari jumlah bagian-bagiannya. Jadi, prinsip-prinsip seni rupa meliputi dua hal yaitu komposisi dan unsur
Pengertian Seni Rupa dan Prinsip-Prinsip Seni Rupa

Prinsip-Prinsip Seni Rupa

1. Komposisi (Susunan)
Dalam membuat karya seni rupa baik yang berwujud dua dimensi atau tiga dimensi, atau dalam kehidupan sehari-hari kita tidak lepas dari komposisi. Arti komposisi sendiri adalah susunan. Jadi, baik dan indahnya karya seni ditentukan oleh pengaturan dan susunan unsur-unsur seni rupa dalam satu kesatuan. Adapun unsur-unsur yang pokok  adalah garis, arah, bentuk, warna, ukuran, gelap, terang, teskstur serta unsur titik atau noktah.

2. Unsur-Unsur Seni Rupa
Unsur dalam seni rupa meliputi

  1. Titik, merupakan unsur dasar seni rupa, semua bidang dan garis berasal dari sebuah titik. Titi dapat dikembangkan menjadi berbagai bentuk.
  2. Garis, merupakan unsur sederhana tapi dapat digunakan untuk menuangkan gagasan dalam seni rupa
  3. Arah, dalam seni rupa dapat menyebabkan kesan dan karakter yang berbeda-beda
  4. Bangun, unsur bangun yang dimaksud adalah segitiga, segi lima, lingkaran dan sebagainya. Unsur ini dalam seni rupa dijadikan sebagai area, bidang dan bentuk
  5. Ukuran, unsur ukuran menimbulkan kesan tersendiri dalam seni rupa. Ukran yang besar berkesan berbeda dengan ukuran yang kecil. Begitu pula dengan ukuran yang panjang dan pendek.
  6. Gelap terang, unsur ini merupakan unsur yang paling penting dalam seni rupa. Gelap terang ini dapat ditimbulkan dari warna maupun pencahayaan.
  7. Warna, unsur warna merupakan unsur yang banyak diguanakan dalam penciptaan karya seni rupa. Berbagai kombinasi warna digunakan untuk menimbulkan kesan yang diinginkan. Dalam hal warna muncul teori seperti warna primer, sekunder maupun tersier.
  8. Tekstur, unsur tekstur digunakan bukan hanya dalam karya seni tiga dimensi seperti patung tetapi juga dalam karya seni dua dimensi seperti lukisan. penggunaan tekstur yang halus atau kasar dilakukan dengan pertimbangan tertentu untuk menimbulkan kesan yang berbeda.
Sekian penjelasan mengenai Pengertian Seni Rupa dan Prinsip-Prinsip Seni Rupa kali ini. Semoga menambah pengetahuan kita yang membacanya.
Tags: ,