Pengertian dan Contoh Organisme Uniseluler

Organisme Seluler merupakan individu yang lengkap yang hanya terbentuk dari satu sel. Di bumi hampir setengah bagian terdiri dari organisme ini, yang menjadi bagian dari organimse uniselule adalah protista, jamur, bakteri dan prokaroita.

Organisme ini berbeda dengan organisme lainnya, karena hanya terdiri dari satu sel dan memiliki ukuran mikroskopis tetapi ada pula yang masih bisa dilihat dengan mata telanjang.

Contoh Organisme Uniseluler

Semua prokariota dan sebagian protista, serta beberapa jamur yang ada dibumi merupakan contoh organisme uniseluler. Organisme ini tidak hidup dalam koloni yang besar namun hidup dengan sel individu masing-masing. Berikut beberapa contoh dari organisme uniseluler

Valonia ventricosa merupakan protista yang menjadi alga uniseluler terbesar yang pernah ada. organisme ini  dapat kita jumpai di Karibia dan sebelah utara Florida. Mereka biasanya soliter (hidup menyendiri), namun terkadang dapat ditemukan dalam kelompok kecil. Bentuk dari organisme ini yaitu bulat dan berwarna hijau dan sebagaimana organisme uniseluler lainnya, mereka makan, tumbuh, berkembang biak, dan mati dengan sel tunggal.
Pengertian dan Contoh Organisme Uniseluler

Selain contoh diatas ada juga organisme uniseluler yang lain yang bahkan sering dijadikan bahan untuk pembelajaran oleh kelas biologi. Organisme ini bernama Euglena. Para ilmuwan sering meneliti organisme ini untuk mempelajari siklus dan kehidupan organisme ini. Organisme ini terdiri dari satu sel dan memiliki ekor berbentuk cambuk yang disebut dengan flagel yang digunakan untuk bergerak. Biasanya organisme ini akan ditemukan di air tawar, kolam dan kawasan dengan air yang tenang. Untuk menghasilkan energi mereka akan melakukan fotosintesis/
Tags: ,