Pengertian Organisme Autotrof dan Heterotrof

Makhluk hiduo yang terdapat dimuka bumi ini terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan klasifikasinya. Materi yang akan dibahas kali ini yaitu mengenai klasifikasi makhluk hidup berdasarkan cara memperoleh makanan, dimana terbagi menjadi dua jenis makhluk hidup yaitu Organisme Autotrof dan Heterotrof.

Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai Pengertian Organisme Autotrof dan Heterotrof beserta dengan contoh masing-masing


Pengertian Organisme Autotrof


Organisme Autotrof merupakan organisme yang dapat menghasilkan makanan sendiri dengan cara mengubah bahan anorganik yang ada dialam menjadi bahan organik. Bahan anorganik tersebut kemudian diolah oleh makhluk hidup dan kemudian diubah menjadi bahan organik untuk kebutuhan organisme dalam kelangsungan hidupnya. Salah satu organisme autotrof adalah tumbuhan hijau yang dapat menghasilkan makanan sendiri melalui proses fotosintesis.

Proses fotosintesis membutuhkan eneri matahari untuk menghasilkan gula dan kemudian gula tersebutlah yang akan dijadikan makanan oleh tumbuhan hijau. Reaksi fotosintesis ini terjadi didalam klorofil yang secara sederhana dapat dirumuskan sebagai berikut

6 CO2 + 6 H2O menghasilkan C6H12O6 + 6 O2 + Energi

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa hasil fotosintesis adalah glukosa (Karbohidrat) yang kemudian akan digunakan oleh tumbuhan itu sendiri. Selain, itu juga terdapat sebagian glukosa akan dijadikan tepung atau pati yang digunakan sebagai cadangan makanan. Cadangan makanan ini lah yang kemudian dikonsumsi oleh manusia dan hewan.

Tidak semua tumbuhan yang bisa melakukan fotosintesis termasuk organisme autotrof, ada beberapa tumbuhan untuk mendapatkan makanan harus menguraikan organisme lain meskipun tumbuhan tersebut memiliki klorofil contohnya saja Drosera sp dan kantong semar.
Pengertian Organisme Autotrof dan Heterotrof

Pengertian Organisme Heterotrof


Organisme Heterotrof merupakan organisme yang tidak dapat menghasilkan makanan sendiri sehingga membutuhkan bantuan dari organisme lain. Organisme Heterotrof ini terbagi menjadi dua yaitu konsume dan dekomposer.

Berdasarkan makanannya, yang menjadi golongan konsumen heterotrof dibedakan menjadi tiga yaitu:
  1. Herbivora adalah hewan pemakan tumbuhan yaitu kelinci, kambing, sapi.
  2. Karnivora adalah hewan pemakan daging kucing, harimau, macan, dan singa.
  3. Omnivora adalah hewan pemakan segalanya baik tumbuhan maupun hewan contonya tikus dan musang.
Sampai disini saja artikel kali ini, semoga membantu dan menambah pengetahuan kita semua.
Tags: ,