Pengertian Konduksi, Konveksi, Radiasi

Pengertian Konduksi, Konveksi, Radiasi merupakan materi yang akan di bahas kali ini oleh Ilmu Pedial, karena dulu admin juga pernah mempelajari materi ini sewaktu masih dibangku sekolah. Jadi, admin akan berbagi sedikit pengetahuan mengenai Konduksi, Konveksi dan Radiasi
Pengertian Konduksi, Konveksi, Radiasi

Pengerian Konduksi

Konduksi merupakan proses perpindahan kalor dengan menggunakan zat penghantar namun tanpa disertai dengan adanya perpindahan dari bagian zat itu sendiri. Perpindahan kalor dengan cara konduksi ini pada umumnya akan terjadi pada zat padat. Zat padat yang menghantarkan kalor ini disebut dengan konduktor seperti jenis-jenis logam sedangkan isolator sebutan untuk zat penghatar kalor yang buruk. Pada umum yang menjadi isolator adalah benda-benda non logam. Contoh Konduksi yaitu ketika kita memanaskan besi diatas api, ketika ujung yang satu dipanaskan maka lama kelamaan ujung yang lain yang kita jadikan pemegang akan terasa panas hal ini membuktikan bahwa kalor atau panas berpindah dari ujung besi yang dipanaskan ke ujung besi yang kita pegang.

Pengertian Konveksi

Konveksi merupakan perpindahan kalor menggunakan zat penghantar yang disertai dengan berpindahnya bagian pada zat tersebut. Pada umumnya zat yang digunakan pada proses ini adalah zat cair dan gas. Kalor berpindah dikarenakan karena adanya aliran zat yang dipanaskan yang diakibatkan oleh perbedaan massa jenis (berat jenis). Massa jenis bagian yang dipanaskan biasanya lebih kecil dari massa jenis bagian yang tidak dipanaskan. Contoh dari kegiatan konveksi adalah ketika memanaskan air menggunakan panci dan selain itu terjadinya angin darat dan laut merupakan proses konveksi kalor


Pengertian Radiasi

Radiasi merupakan perpindahan kalor yang tanpa menggunakan zat penghantar. Pancaran kalor hanya akan terjadi dalam zat ataupun ruang hampa. misalnya penghantaran panas matahari menuju bumi menggunakan ruang hampa udara. Alat yang biasanya digunakan untuk mengetahui adanyan pancaran kalor disebut dengan termoskop yang biasanya digunakan untuk meyelidiki sifat pancaran diberbagai permukaan. Contoh Radiasi adalah perpindahan panas matahari menuju kebumi selain itu radiasi kalor juga terjadi pada lampu pijar listrik yang menyala dan juga api unggun yang menyala karena ketika kita berada didekat api unggun maka tubuh kita akan merasa hangat hal ini karena adanya hangat yang merupakan radiasi kalor yang dipancarkan oleh api unggun.

Saya kira sampai disini saja artikel mengenai Pengertian Konduksi, Konveksi, Radiasi, semoga menambah ilmu pengetahuan kita semua.
Tags: ,